Friday 13 July 2012

CAHAYA TIDAK ALAMI


CAHAYA TIDAK ALAMI
Hai sobat sotoygrafer,,,kali ini post saya agak formal karena selain tulisan ini saya terinspirasi dari buku yang say abaca,,,sekalian saya latihan menjadi penulis yang bener.,.,.

Cahaya tida alami adalah sumber utama yang berasal dari lampu, baik secara langsung ke objek atau melalui pantulan. Teknik pencahayaan ini digunakan saat pemotretan di dalam. Beberapa jenis peralatan lampu dapat digunakan dan masing-masing meliki karakter sendiri.
Beberapa istilah cahaya yang sering digunakan pada saat pemotretan di dalam ruangan/stuionya.
1.       Cahaya kunci (key light)
Cahaya utama yang mengarah ke subjek dan cahaya yang diukur intensitasnya disebut cahaya kunci atau cahaya utama. Dalam istilah fotografi, cahaya ini disebut key light karena merupakan kunci untuk menemukan besaran cahaya lainnya.
2.       Cahaya pengisi (fill light)
Semua cahaya yang digunakan untuk menerangi daerah yang berbayang dinamakn cahaya pengisi. Cahaya pengisi tidak menghilangkan bayangan dari objek, tetapi hanya memberi cahaya yang lebih sedikit dari key light
3.       Cahaya penendang (kick lighter)
Cahaya yang sering menerangi sekitar subjek, membuat subjek terlihat terpisah dari latar. Secara umum  di sebut kick lighter karena memang sepertinya “menendang” subjek latar. Hal ini mencegah adanya bagian foto dengan warna sama (ketika subjek dan latar sulit dibedakan). Cahaya ini juga dinamakn cahaya rambut atau cahaya sampan
4.       Cahaya latar (background light)
Cahaya yang di arahkan ke latar dan tidak jatuh pada subjek disebut cahaya latar.


0 comments:

Post a Comment